Jumat, 17 Oktober 2008

SI ORANYE MULTI MANFAAT

SI ORANYE MULTI MANFAAT

Wortel? Enak banget ! buah sayur yang sering kita jumpai pada sayuran soup iniberwarna khas oranye, buah in sangat cocok ditanam pada daerah pegunungan yang memiliki suhu udara dingin dan lembabkurang lebih 1200 meter diatas permukaan air laut
Wortel atau Daucus caorta linn ini menurut para pakar botanis tak hanya memiliki satu jenis saja melainkan ada beberapa jenis wortel diantaranya wortel berjenis imperator wortel jenis ini memilki ciri ukurannya panjang denan ujung meruncing dan juga rasanya kurang manis, yang kedua wortel jenis chantenang, wortel jenis ini memiliki cirri bulat panjang dan rasanya manis, yang terakhir wortel mantes wortel ini hasil kombinasi dari wortel jenis chantenang dan jenis imperator.
Warna kuning pada wortel menunjukkan kandungan karoten. Wortel juga bisa dilah menjadai apa saja sesuai dengan selera, salah satunya jus wortel. Manfaat jus wortel ini sangat banyak sekali bukan hanya untuk mengurangi minus pada mata melainkan memiliki banyak khasiat yaitu:
a. Kejang jantung
b. Cacing kremi
c. Pembersih liver karena terdapat kendungan vitamin A pada wortel, vitamin A ini mampu mengurangi lemak dan empedu yang terdapat dalam liver.
d. Mencegah kanker, dengan kandungan vitamin E
e. Sebagai vitamin A yang ideal bagi bayi, jus wortel bisa dicampur dengan susu bayi
f. Sebagai minuman kesehatan bagi ibu hamil, kandungan betacarotene yang terdapat pada wortel juga merupakan anti-oksidan yang bagus untuk ibu dan juga calon bayi, selain itu antioksidan juga bisa memperlambat proses penuaan
g. Jus wortel berguna sebagai anti-inflamatory dan menyegarkan kulit
h. Berguna untuk memudarkan bercak – bercak kulit
i. Berguna juga untuk mnegurangi kulit kasar

Nah, begitu besar sekali bukan manfaat dari buah wortel ini? Selain mudah didapat harganya juga tidak terlalu mahal bagi kita apalagi kalau anda semua memiliki TOGA (tanaman obat keluarga) dirumah lebih murah dan effisien sekali, ingin hidup sehat tidak perlu biaya mahal cukup kembali saja pada alam.
Selamat mencoba semoga bermanfaat. Amin. Wallahualam bishowab

Tidak ada komentar: